Warga Airmadidi Menduga Merangkak Naik Harga Jual Beras Di Pasar Minut Ada Pemainan Dari Bulog

img_20240319_190211022
PUD Klabat Dampingi Bupati JG Sidak Harga Jual Komoditas Di Pasar Tradisional Airmadidi
March 19, 2024
IMG_20240324_174127
Kejari Minut Siap Dampingi PUD Klabat Bila Kesandung Masalah Perdata
March 24, 2024
img_20240319_204858700

Kapolres AKBP Dandung P Wibowo, SIK., SH.,MH Di Lokasi Pasar Airmadidi

Minut – Sejak beberapa bulan lalu sampai saat ini, secara perlahan harga jual Beras terus merangkak naik, pada bulan Januari 2024 lalu harga beras kisaran Rp.13.500,-/Kg tapi sekarang di bulan Maret 2024 ini mencapai Rp.17.500,-/Kg, sehingga berdampak pada daya beli Masyarakat, dimana sangat terasa semakin berat disituasi ekonomi semakin sulit, terlebih pada Masyarakat yang berpenghasilan pas pasan, walaupun demikian, mau tak-mau Masyarakat tetap membelinya, dikarenakan telah menjadi kebutuhan pokok sehari hari.

Salah satu pedagang pasar Warga Airmadidi yang tak ingin namanya dipublikasikan, Selasa, 19 Maret 2024 di lokasi Pasar Airmadidi dalam bincang – bincang dengan Wartawan media ini menuturkan, terjadinya kenaikan harga jual pada beras secara perlahan, diduga ada permainan dari Badan Usaha Logistik (Bulog), dan bila dugaan ini benar, tentunya ini sangat disayangkan, dikarenakan Bulog salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki fungsi yang salah satunya distribusi dan pengendalian harga beras.

Lanjut beliau, alasannya dugaan darinya akan beras yang beredar jual di pasar – pasar tradisional, bila dilihat secara seksama (teliti), warna dari beras dan bentuk beras yang di jual pedagang, mirip dengan beras yang ada dalam kemasan dari Bulog, sehingga dugaan darinya, beras dalam bentuk kemasan sekian Kg dimainkan dengan cara jual curah secara diam – diam lewat sales kepada pedagang beras, dan tidak tertutup kemungkinan, bukan hanya pedagang beras yang ada di Minut.

Dalam situasi keramain operasional jual beli di Pasar Airmadidi, terdapat beras yang dijual oleh salah satu pedagang, dimana beras yang dijualnya mirip dengan beras kemasan Bulog, ketika ditanya beras yang dijualnya dapat dari mana, pedagang tersebut mengatakan, beras ini beras dari Surabaya yang didapat lewat Sales.

Kapolres Minut AKBP Dandung P Wibowo, S.Ik, S.H.,M.H usai melakukan Sidak harga jual Komoditas di pasar Airmadidi, Selasa, 19 Maret 2024 ketika ditanya terkait dugaan Warga ini mengatakan, namanya beramsumsi boleh, namun kami dari pihak Kepolisian selalu bekerja dan melakukan patroli, pantauan, himbauan dan lain sebagainya, sehingga apa bila ada kedapatan hal seperti itu, pihaknya akan memprosesnya dengan hukum yang berlaku.

Terpisah, sebelumya pada Senin, 18 Maret 2024 belum lama ini, Wartawan media ini sempat mewancarai Kepala Dinas Perdagangan Minut Drs. Sinpersli Maximilian Tapada, M.Sc diruang kerjanya, yang mana Tapada sempat mengungkapkan kepada, ketersediaan beras di Bulog itu ada, akan tetapi dalam bentuk kemasan 5 Kg belum ada (belum tersedia), dan bila sudah tersedia, Dinas Perdagangan Minut akan selalu berupaya untuk melaksanakan pasar murah dalam rangka untuk menekan tingginya harga jual pasaran beras pada saat ini. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *