Tunjang IHP, PT. Pelindo 4 Datangkan Satu Unit Container Crane

Lomban – Mantiri Pantau Kebakaran Di Eks Pasar Cita
November 10, 2017
Pertama di Indonesia, Pemkot Bitung Segera Luncurkan Aplikasi Patra Online
November 12, 2017

BITUNG – Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Pelabuhan Petikemas Bitung sebagai International Hub Port maka PT. Pelindo 4 Bitung mendatangkan satu unit Container Crane di Terminal Petikemas Bitung (TPB), Sabtu 11/11.
Menurut Genaral Manager (GM) Terminal Petikemas Bitung, Ir. I Made Herdianta Gautama dalam laporannya pada peluncuran Container Crane yang langsung dihadiri oleh Walikota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban, Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung, Khouni Lomban Rawung, mengatakan bahwa kehadiran satu unit Container Crane ini merupakan salah satu komitmen dari PT. Pelindo 4 untuk mewujudkan TPB sebagai International Hub Port.
“Kehadiran Container Crane ini kami harapkan akan dapat membantu mempercepat bongkar muat Container, disamping juga untuk melengkapi seluruh fasilitas sebagai penunjang untuk IHP nanti” ujar Herdi, sapaan akrab GM ini.
Lebih dari itu pula GM Petikemas Bitung ini meminta dukungan pemerintah kota Bitung agar Internationl Hub Port Bitung ini bisa terwujud.
Herdi juga menambahkan Container Crane ini dipesan langsung dari China dengan harga kurang lebih 70 Miliar rupiah.
Sementara itu, Walikota dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kehadiran Container Crane ini, karena dengan ketambahan satu unit maka pelayanan bongkar muat akan semakin meningkat.
“Saya berharap dengan hadirnya satu unit Container Crane ini akan menekan Dwelling Time di pelabuhan, apalagi mengingat untuk saat ini pemerintah pusat telah menambah 5 jenis barang yang bisa diimpor langsung ke Bitung dari yang sebelumnya hanya 3 jenis barang” ujar Lomban.
Adapun untuk spesifikasi dari Container Crane ini yaitu sebagai berikut:
PELAKSANA PEKERJAAN : JIANGSU GANYI HEAVY MACHINERY CO LTD
HARGA PEKERJAAN :USD. 5.652.500 PER UNIT
KAPASITAS ANGKAT DIBAWAH SPREADER : 40 TON
OUTREACH : 32 METER
GANTRY WHEEL SPAN : 16 METER
KETINGGIAN ANGKAT DIATAS RAIL : ± 27 METER
SIKLUS ANGKAT : ± 25 BOX / JAM
(YodieR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *