Terkait Tumpukan Sampah Di Desa Kauditan 1, Ini Tanggapan Camat Royke Rampengan

Akibat Curah Hujan Tinggi, Petani Cengkeh Wilayah Likupang Garuk Kepala
March 7, 2022
Ini Harapan Dari Ketua – Ketua Komisi Dewan Minut Yang Baru
March 8, 2022

Minut – Adanya tumpukan sampah di samping jembatan Desa Kauditan 1 Kecamatan Kauditan Kab. Minahasa Utara (Minut) di duga sampah sengaja dibuang itu bukan sampah dari warga Desa Kauditan, melaikan warga dari luar Desa Kauditan yang sengaja membuang sampah di tengah malam hari.
Demikian yang dikatakan oleh Camat Kauditan Royke Rampengan, Senin, 07 Maret 2022 di kantor bupati Minut.

Camat menuturkan, pihak-nya telah melakukan kordinasi dengan Pemerintah Desa Kauditan 1 terkait adanya tumpukan sampah di satu lokasi yang ada, dan ini telah ditindak-lanjuti, dan dirinya menduga yang melakukan buang sampah di lokasi seputaran jembatan Kauditan 1 bukan warga Kauditan, melainkan wrga dari luar Kecamatan Kauditan yang sengaja melakukan di tengah malam, sehingga pihak Kecamatan dan Pemerintah Desa (Pemdes) Kauditan 1 akan melakukan pengawasan akan hal ini.
Dikatakannya pula, banyak sampah yang sudah lama mengeras, sehingga butuh alat excavator mini untuk mengangkut timbunan sampah, dan ini tengah diupayakan.

Lanjut Camat, pengelolaan sampah masyarakat yang ada di Desa ditangani oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang kelola, jadi soal sampah warga dapat dikatakan terkontrol.

Sementara itu, terkait penanganan sampah yang ada di Kecamatan Kauditan, Marthen Sumampow kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minut mengatakan, penanganan sampah di Kecamatan Kauditan teleh diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kecamatan, dan terkait alat operasi yang dibutuhkan Pemdes, dimana Pemdes dapat mengajukan surat permohonan permintaan bantuan alat pakai yang di ketahui oleh Pemerintah Kecamatan, dan itu dapat diindahkan demi kepentingan masyarakat. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published.