Tahun Ini Pemkab Minut Terkesan Abaikan Kesejahtraan Hansip

Pahami Soal Stunting, Warga Desa Watudambo Apresiasi Giat Sosialisasi Dinas PPKB Minut
May 28, 2021
Ini Tanggapan Bupati Minut Tentang Kesejahtraan Hansip Se-Minut
June 1, 2021

Senin, 31 Mei 2021

Minut – Kesejahtraan Pertahanan Sipil (Hansip) baik di Kelurahan maupun di Desa terkesan diabaikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut). Hal ini dikarenakan dari semenjak bulan Januari 2021 sampai berita ini diturunkan, belum ada kejelasan akan ada upah atau tidak yang bakal Hansip terima. Berbeda dengan tahun lalu, upah Hansip ditata pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sementara untuk tahun 2021 ini sepertinya Hansip tidak bakal menerima upah dari APBD Minut.

Terkait nasip Hansip, banyak HukumTua Desa yang mengutarakan dengan ungkapan mengeluh dan bingung untuk pemberian upah Hansip akan diambil dari mana, sementara penggunaan dana Desa hanya untuk pembangunan Desa.

Salah satu HukumTua Desa yang tak ingin namanya dipublis menuturkan, Hansip merupakan garda terdepan, baik di Kelurahan/Desa, bila ada sesuatu, tenaga Hansip yang terdepan dibutuhkan, sementara untuk kesejahtraan mereka, kami telah menyuarakan pada forum perencanaan (program) yang dilaksanakan di Kecamatan dalam bentuk Musrenbang Kecamatan, tapi sepertinya tidak diprioritaskan oleh Pemkab Minut.

Ditambahkannya, memang ada dana Desa yang turun dari Pusat, tapi tidak ditata untuk pembiayaan Hansip, yang ada hanya refokusing anggaran yang sekian persen untuk penanganan Covid – 19, dan pembangunan untuk Desa.

Untuk itu, mewakili HukumTua Desa yang ada, dirinya mengharapkan kebijakan Bupati dan Wakil bupati untuk memperhatikan kesejahtraan Hansip. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *