Spektakuler,, Gelar Lomba Kreatifitas dan Baca Tulis Hitung (BTH) Kelas I, II dan III Tingkat SD Se-Kabupaten, Panitia Pungut Biaya Pendaftaran 1 Juta Rupiah

“Rukun Warga 14” Warga Perum Airmadidi Permai 1 Agendakan Kerja Bakti Setiap Minggu Pagi
March 6, 2018
Didampingi VAP, OD Tinjau Breakthrough Tunnel 2 Bendungan Kuwil.
March 7, 2018

Rabu, 07 Maret 2018

Minut – Upaya pemerintah pusat mencerdaskan anak bangsa dalam dunia pendidikan, untuk Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sepertinya dimaanfaatkan oleh beberapa oknum dengan dalil gelar lomba.
Hal ini tercermin pada kegiatan Lomba Kreatifitas dan Baca Tulis Hitung (BTH) Kelas I, II dan III tingkat Sekolah Dasar (SD) Se-Minut yang dilaksanakan di SD Negeri Watutumou Kecamatan Kalawat pada Selasa, 06 Maret 2018, dimana kegiatan yang di buka secara langsung oleh Bupati Vonnny A Panambunan dimana terkesan minim anggaran.

Hal ini terungkap, dimana sejumlah wartawan mendapatkan informasi dari sejumlah Kepala Sekolah (Kepsek) dan beberapa guru pendamping yang mendampingi Siswa yang mengikuti kegiatan lomba tersebut. Dari informasi yang didapat dari Kepsek yang tak ingin namanya di publikasikan mengungkapkan bahwa, setiap sekolah dalam mengikuti lomba menyediakan dana, yang terdiri dari 14 sekolah rujukan dibebani panitia dengan biaya pendaftaran sebesar 1 juta. Hal yang sama diberlakukan untuk 10 perwakilan kecamatan. Sedangkan untuk Sekolah non rujukan dipungut Rp 70 sampai Rp 100 ribu, sehingga diduga ada pemaanfaatan oleh beberapa oknum dengan dalil operasional lomba.
Hal ini tentunya mencoreng semangat pemerintah pusat untuk penyelenggaraan pendidikan gratis di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Menurut beberapa Kepsek dan orang tua murid, sebaiknya pihak Pemerintah kabupaten kususnya pihak dinas dalam menggelar kegiatan ini telah menyediakan anggaran dan bukan membebani pihak sekolah yang apa-pun itu alasannya agar supaya pendidkan bagi siswa siswi di Minut benar-benar diutamakan. Akan tetapi pada kegiatan ini dapat dilihat terkesan minim anggaran.

Sementara itu Sofitje Wolajan, SE. MM selaku kepala Dinas pendidikan Minut mewakili Bupati saat acara penutupan manyampaikan dimana bagi anak-anak yang belum meraih juara agar tidak kecewa karena harus ada yang menang dan yang kalah.
Sehingga lewat kegiatan lanjut Wolajan, diharapkan baik Kepsek dan guru untuk terus mendorong anak-anak agar lebih berusaha karena masih ada kesempatan pada tahun berikutnya untuk berprestasi.
Wolajan menambahkan untuk lomba Mata pelajaran (Mapel) yang akan diikuti oleh kelas IV, V dan VI akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret nanti di Desa Treman Kecamatan Kauditan.

Keluar sebagai juara juara I umum, Kecamatan Dimembe, juara II Kecamatan Talawaan dan juara III Kecamatan Kalawat.(Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *