slot gacor

slot dana

slot deposit dana

Sangat Menarik, Pesta Adat Tulude Kabupaten Minahasa Utara Dipadukan Dengan Tarian Kabasaran Adat Minahasa. – Radio Trendy FM Manado | Muda Kreatif dan Dewasa Produktif

Sangat Menarik, Pesta Adat Tulude Kabupaten Minahasa Utara Dipadukan Dengan Tarian Kabasaran Adat Minahasa.

Dibanjiri Warga, Pesta Adat Tulude Sukses Digelar
January 31, 2018
Selama 40 Hari BPK RI Periksa Penggunaan Anggaran Tahun 2017 Oleh Pemkab Minut
February 12, 2018

Senin, 05 Januari 2018

Minut – Kabupaten Minahasa Utara (Minut) pada hari Sabtu, 03 januari 2018 akhir pekan lalu, gelar pesta adat Tulude yang dirangkaikan dengan ibadah Syukuran di Desa Winuri Kecamatan Likupang Timur (Liktim). Upacara adat Tulude merupakan hajatan tahunan warisan leluhur masyarakat etnis Nusa Utara, Sitaro, Sangihe dan Talaud yang pada hakekatnya adalah kegiatan upacara ucapan syukur kepada Mawu Ruata Tenggonalange atas berkat – berkatnya kepada umat manusia selama setahun yang lalu karena Tulude atau Manunde itu sendiri berasal dari kata Suhude bahasa Sangihe yang berarti Tolak, sedangkan Tulude berarti Menolak atau melepaskan.

Bupati Vonny A Panambunan yang diwakili oleh kepala dinas Pariwisata Theodora Luntungan dalam sambutannya menyampaikan, upacara adat Tulude ini merupakan salah satu upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya Nusa Utara yang disisi lain juga merupakan aset wisata yang bisa kita unggulkan.
Ditambahkannya pula, dimana hal ini penting menjadi perhatian kita kususnya di Minut apalagi dalam perkembangan jaman yang setiap tahun makin menunjukan tantangan berat terhadap budaya baik bahasa daerah yang semakin berkurang serta seni dan sejarah budaya kita yang mulai terlupakan.
Bupati mengungkapkan, melalui kegiatan upacara adat Tulude ini telah menunjukan esistensi warga NUsa Utara sebagai bagian masyarakat Minut yang telah berkontribusi penting untuk terus bersama – sama dengan Pemerintah membangun daerah kita yang kita cintai dimana sekarang ini sementara giat-giatnya membangun disegala bidang bagi kepentingan kesejahtraan masyarakat.
Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan beberapa hal dimana Pesta Adat Tulude ini menjadi ajang promosiPariwisata di daerah Minut dalam menunjang pembangunan Pariwisata sebagaimana Misi Kab. Minut yaitu Minut menjadi Kabupaten agribisnis, industri dan pariwisata secara berkelanjutan di tahun 2021.

Sementara itu, prosesi pemotongan 8 kue Tamo di pandu oleh Tetua adat yakni Forgam Lumele sambil memanjatkan doa dan harapan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dilakukan oleh Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan Tokoh adat lainnya salah satunya Shinta Kasso selaku Hukumtua desa Winuri istri dari Denny Sompie, SE salah satu anggota Dewan Minut.
Pesta adat Tulude ini Dipadukan dengan tarian Kabasaran adat Minahasa sehingga terlihat unik dan sangat menarik. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published.