PUD Klabat Terbitkan Karcis Retribusi Pasar Yang Tercantum Nama Pengguna Kios Dan Lapak

Lawan Covid – 19, Sinovac Mengalir Di Tubuh Siswa – Siswi SMP N 2 Airmadidi Minut
September 24, 2021
Dinas PPKB Minut Ikut Bimtek PKPM Dalam Rangka Penurunan Stunting
September 27, 2021

Jumat, 24 September 2021

Minut – Upaya pengelolaan pungutan retribusi terhadap pedagang yang berjualan di Pasar Tradisional yang ada di Kab. Minahasa Utara (Minut), Perusahan Umum Daerah (PUD) Klabat, membuat trobosan baru dengan cara meengeluarkan karcis retribusi yang mencantumkan nilai besaran Rupiah retribusi disertai nama pengguna Kios maupun Lapak.

Demikian yang diutarakan oleh Direktur utama (Dirut) PUD Klabat Maisye Dondokambey kepada media ini, Selasa, 21 September 2021 di Kantornya sembari memperlihatkan wujud dari karcis terebut.
Dirut mengatakan, ini merupakan salah satu upaya pembenahan yang kami lakukan dalam pengelolaan Pasar Tradisional, untuk menghindari terjadinya Pungutan liar (Pungli), yang selalu menimbulkan kecurigaan pada petugas lapangan (Mandor) pasar.

Ungkap Dondokambey, sebelum dibuat karcis tersebut, PUD Klabat telah melakukan pendataan terlebih dahulu, sehingga jumlah Rupiah yang tertera pada karcis retribusi bervariasi, yang mengikuti besar – kecilnya lapak yang digunakan pedagang.
Sementara untuk pedagang musiman, diberikan karcis tersendiri yang sudah dipersiapkan.

Ungkap Dirut, bila terjadi perubahan baik pemilik maupun ukuran lapak yang digunakan, pihaknya akan segera melakukan perubahan. Akan tetapi ungkap Dirut, terjadinya transaksi jual – beli lapak harus ada pemberitahuan ke pihak PUD Klabat, dan apabila dilakukan tanpa sepengetahuan PUD Klabat, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas berupa proses hukum, sesuai apa yang telah menjadi prosedur dalam kewenangan PUD Klabat.

Untuk itu Dirut mengharapkan kepada pedagang, agar menggunakan tempat dagangannya sebaik mungkin dan bila perlu dirawat sebaik – baiknya, dan menghindari transaksi jual – beli lapak dari okunum – oknum yang tidak bertanggung jawab. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *