Peduli Terhadap ODP, Pemkot Bitung Terus Salurkan Makanan Dan Obat-Obatan

VAP : Sesuai Instruksi Mendagri RI Saya Salurkan Bantuan Sembako Untuk Warga Minut
April 11, 2020
Akibat Virus Corona, 17 Perusahaan Rumahkan 340 Pekerja
April 13, 2020

CAMAT MADIDIR ALTIN TUMENGKOL

BITUNG – Sejak hari Jumat (10/4/2020) pemerintah Kota Bitung melalui pemerintah Kecamatan Madidir, pemerintah Kelurahan hingga Kepala Lingkungan dan Ketua RT beraama Puskesmas Paceda terus menyalurkan makanan dan obat-obatan termasuk vitamin kepada sejumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang swdang melakulan isolasi mandiri di Gereja Sidang Jemaat Allah Air Hidup Madidir.
Bahkan hingga Sabtu (11/4/2020) bantuan yang menjadi permintaan para ODP ini diantaranya yaitu beras, lauk, vitamin bahkan susu bagi salah seorang bayi dan seorang ibu hamil masih juga tetap disalurkan.
Menurut Camat Madidir, Altin Tumengkol, bahwa untuk komunikasi dengan para warga yang saat ini dalam pemantauan adalah dengan kontak melalui telepon ataupun whatsapp kepada Camat ataupun Lurah dan selanjutnya melalui Camat dan Lurah dilanjutkan kepada Kepala Lingkungan dan RT untuk menyuplai bahan-bahan yang dibutuhkan. Sementara untuk obat-obatan, vitamin dan susu disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Bitung melalui Puskesmas Paceda.
“Untuk teknis pengadaan dukungan logistik bagi warga ODP ini adalah kita melakukan komunikasi melalui telepon, mereka hanya menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan dan sekiranya bisa disiapkan oleh pemerintah maka akan segera disiapkan,” ungkap Tumengkol seraya menambahkan untuk teknis penyerahan bahan logistik, karena berdasarkan aturan mereka tidak boleh keluar dari lokasi isolasi mandiri maka bahan yang diminta akan diantar oleh tim sampai ke pagar halaman Gereja untuk selanjutnya akan diambil oleh warga yang ODP dengan tetap mengikuti prinsip yang telah ditetapkan.
Di sisi lain Tumengkol mengatakan yqng mana ada 22 orang warga yang saat ini dalam pemantauan dan sedang melakukan isolasi mandiri di gedung Gereja tersebut.
“Sebagai pemerintah, kami akan terus membantu dan tetap memberikan dukungan bagi warga ODP ini, termasuk apa yang menjadi kebutuhan mereka, termasuk minyak kelapa, ikan kaleng, air mineral, juga gas elpiji untuk kebutuhan memasak kami siapkan. Semoga selama masa isolasi semuanya akan tetap sehat dan tidak terjangkit Covid-19,” tutur Tumengkol sambil kembali mengingatkan apa yang menjadi himbauan Walikota Bitung Max Lomban untuk tetap jaga jarak, cuci tangan, dan selalu gunakan masker ketika akan beraktifitas di luar.
Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr. Calvin Wuisang mengatakan bahwa untuk saat ini Alat Pelindung Diri (APD) standar untuk digunakan oleh pala dan RT sedang diupayakan.
“Karena sering berhubungan dengan para ODP maka APD untuk Pala dan RT saat ini sedang diupayakan,” ungkap Wuisang .(YodieR)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *