Ondang Tegaskan MPLS SD-SMP Di Kota Bitung Dilaksanakan Secara Daring

Jumlah Terkonfirmasi Positif Covid-19 Naik Signifikan, Masyarakat Diminta Taati Protokol Kesehatan
July 14, 2020
Dibuka Walikota, 252 Sekolah Di Bitung Serentak Gelar MPLS
July 15, 2020

BITUNG – Memasuki tahun ajaran baru, telah menjadi keharusan bagi para siswa baru untuk mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.
Namun untuk tahun 2020 ini, karena adanya Pandemi Covid-19 maka untuk sistim pelaksanaan MPLS dilaksanakan sudah tidak lagi ada tatap muka melainkan dilaksanakan secara daring.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidiń∑an Dan Kebudayaan Kota Bitung, Julius Ondang di sela-sela kegiatannya meninjau persiapan pelaksanaan MPLS secara daring di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Bitung serta SD Katolik Stella Maris Girian, Selasa (14/7/2020).


Menurut Ondang untuk kegiatan MPLS akan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 15 dan 16 Juli 2020 dan akan di-launching secara langsung oleh Walikota Bitung, Max Lomban dari SMP Negeri 2 Bitung.
“Mengingat situasi saat ini berada pada masa pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan dengan tatap muka, maka MPLS kali ini akan dilaksanakan dengan sistim Daring,” ungkap Ondang.


Lebih lanjut dikatakannya bahwa untuk MPLS tersebut akan di-launching langsung oleh Walikota dari SMP Negeri 2 Bitung.
“Untuk pembukaan MPLS tahun 2020 akan di-launching secara langsung oleh pak Walikota dari SMP Negeri 2 Bitung pada hari Rabu 15 Juli 2020 tepat jam 08.00 pagi,” kata Ondang.
Di sisi lain Kadis ini menjelaskan untuk sekolah-sekolah yang belum terjangkau jaringan maka akan dilakulan dengan sistim luring atau kunjungan langsung ke rumah siswa.
“Untuk beberapa sekolah yang belum memiliki jaringan maka oleh pihak sekolah akan melakukan kunjungan langsung ke rumah siswa dan hal itu telah diatur dengan tetap memperhatikan protap Covid-19,” pungkas Ondang.
Sementara itu, dari pantauan media ini pada tiga Sekolah yang dikunjungi Kadis Pendidikan ini, kesemuanya telah siap untuk melaksanakan MPLS. Seperti di SMP Negeri 1 Bitung, oleh Kepala Sekolahnya, James Lomboan mengatakan pihaknya telah siap menggelar MPLS, demikian juga di SMP Negeri 2 yang menjadi lokasi untuk launching MPLS oleh Walikota, dimana menurut Tommy Paat selaku Kepala Sekolah mengungkapkan bahwa untuk pelaksanaan launching MPLS telah siap 100 persen.


Adapun untuk di SD Katolik Stella Maris Girian menurut Kepala Sekolah, Rientje Monintja, SPd bahwa untuk sekolah tersebut akan melakukan kunjungan langsung di rumah-rumah siswa.
“Kami telah melakukan berbagai persiapan untuk secara langsung berkunjung ke rumah-rumah siswa untuk memperkenalkan situasi serta lingkungan sekolah. Dan dalam kunjungan ini kami telah menyiapkan video tentang sekolah kami untuk selanjutnya itu yang akan menjadi salah satu materi yang akan disampaikan kepada siswa,” pungkasnya.(YodieR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *