Mulai 17 April 2020 Pemkot Bitung Berlakukan Pembatasan Kendaraan

ODP Berkurang, PDP Bertambah; Masyarakat Bitung Diminta Tingkatkan Kewaspadaan
April 15, 2020
SYUKURI BERKAT TUHAN, KLR BERBAGI KASIH DI HUT KE-56
April 17, 2020

BITUNG – Menyikapi perkembangan pandemi Covid-19 di Sulawesi Utara termasuk di kota Bitung yang semakin meningkat, pemerintah Kota Bitung melalui Walikota, Maximiliaan Jonas Lomban langsung mengambil tindakan preventif sebagai upaya menekan penyebaran virus mematikan tersebut.
Melalui surat edaran bernomor 550/143/WK yang ditandatangani langsung oleh Walikota tertanggal 15 April 2020 dengan tembusan Menteri Perhubungan RI, Gubernur Sulut, Kapolda Sulut, Kapolres Bitung dan Dandim 1310 Bitung.
Dalam surat edaran yang berisi 6 poin penting ini intinya yaitu soal pemberlakuan pembatasan jam operasional kendaraan, baik yang masuk maupun keluar di kota Bitung.
Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Bitung, Richie Tinangon, mengatakan untuk pembatasan jam operasional kendaraan baik yang masuk maupun keluar di kota Bitung akan mulai diberlakukan pada hari Jumat 17 April 2020, dan untuk jam pemberlakuannya dari jam 21.00 sampai dengan 04.00 Wita, dan untuk pembatasan ini tidak berlaku untuk kendaraan angkutan barang/logistik, termasuk bahan makanan, ambulance, mobil jenazah, petugas keamanan dan petugas medis.
“Untuk pembatasan ini tidak berlaku untuk kendaraan angkutan logistik/barang, termasuk bahan makanan, ambulance, mobil jenazah, petugas keamanan, dan petugas medis,” terang Tinangon sambil menambahkan untuk semua kendaraan yang masuk ke kota Bitung wajib mengikuti semua rangkaian pemeriksaan protokol kesehatan Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan.

Berikut 6 poin dalam surat Walikota terkait pembatasan kendaraan yang masuk dan keluar di kota Bitung:

1. Pergerakan Kendaraan Angkutan Orang dan Kendaraan Pribadi dari dan ke Kota Bitung jam operasionalnya mulai Jam 04.00 Wita sampai dengan jam 21.00 Wita.
2. Kendaraan Angkutan Orang dan Kendaraan Pribadi yang akan masuk dan keluar Kota Bitung diluar jam operasional yang telah ditentukan TIDAK DIPERKENANKAN MASUK/KELUAR Wilayah Kota Bitung.
3. Kendaraan yang diijinkan tetap masuk/keluar Wilayah Kota Bitung selama 24 Jam antara lain : kendaraan angkutan barang/logistik termasuk bahan makanan, ambulance, mobil jenazah, petugas keamanan dan petugas medis.
4. Semua kendaraan yang akan masuk ke Kota Bitung harus melalui serangkaian pemeriksaan protokol kesehatan berdasarkan Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan.
5. Pemberlakuan Pembatasan jam operasional Kendaraan dari dan ke Kota Bitung dimulai pada hari Jumat, 17 April 2020 Pkl. 21.00 Wita.
6. Masyarakat diingatkan kembali untuk tetap berada di rumah; jika mendesak harus keluar rumah wajib menggunakan masker, menjaga jarak (physical distancing) minimal 2 (dua) meter dan selalu menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih dirumah masing-masing.(YodieR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *