Mobil Dinasnya Ditabrak, Kapolres Maafkan Penabrak

Kasus Covid-19 Kembali Naik, Polres Dan Pemkot Bitung Lakukan Penyemprotan Disinfektan
February 15, 2022
17 Standar Layanan LPSE Minut Siap Dongkrat Pertumbuhan Perekonomian Daerah
February 21, 2022

Bitung – Satu lagi contoh tindakan yang sangat menyejukkan hati masyarakat ditunjukkan oleh Kapolres Kota Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan, SH, SIK, MH pada Rabu,  16/2/2022.
Kendati mobil dinas orang nomor satu di jajaran Polres Bitung ini mengalami kerusakan akibat ditabrak oleh sebuah mobil jenis Avanza DB 1350 CG, namun sang pengemudi bukannya dimarahi malahan oleh Kapolres diundang khusus ke ruang kerjanya untuk dimaafkan sekaligus diberikan nasihat.

Peristiwa ini terjadi bermula ketika pada hari Sabtu 12/2/2022 mobil dinas yang ditumpangi Kapolres dan ajudannya dengan dikemudikan oleh driver Kapolres berkeliling memantau situasi Kamtibmas wilayah kota Bitung dengan posisi berjalan di belakang mobil pengawalan Satlantas Polres Bitung dan ketika hendak menuju ke wilayah kelurahan Kasawari, tiba-tiba di simpang 3 jalan wilayah kelurahan Tandurusa dari arah sebelah kiri muncul mobil penabrak. Mobil penabrak tersebut memaksa belok kanan yang akhirnya menabrak bagian belakang sebelah kiri mobil dinas Kapolres. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada yang mengalami luka.


Kapolres sendiri, kaget dengan kejadian tersebut Kapolres langsung meminta drivernya meminggirkan mobil ke bahu jalan.
“Saya menyampaikan kepada ajudan dan driver untuk turun menemui penabrak sekalian melihat kondisi mobil dinas saya, selain itu saya juga meminta mereka untuk tidak memarahinya,” ujar Kapolres.
Kejadian ini turut dibenarkan oleh Kasat Lantas Polres Bitung AKP Awaludin Puhi, SIK yang saat itu memimpin langsung pengawalan Kapolres.
“Pengemudi yang menabrak bagian belakang  sebelah kiri mobnas Kapolres ini diduga dalam keadaan mengantuk,” jelas Puhi.
Adapun pengemudi yang menabrak yaitu Marvino Lukas (19 tahun) warga kelurahan Aertembaga Dua kecamatan Aertembaga kota Bitung diundang ke Mapolres Bitung untuk bertemu dengan Kapolres Bitung.
Saat bertemu Kapolres Bitung diruang kerjanya pada Rabu pagi (16/2/2022), Marvino bukannya dimarahi atau diproses lanjut, namun Kapolres Bitung malah menasehatinya serta memaafkan atas kelalaiannya itu.


Atas tindakan terpuji dan menyejukkan dari Kapolres tersebut pengemudi yang menabrak mobnas Kapolres ini sangat berterima kasih kepada Kapolres Bitung sekaligus dia mengakui kelalaiannya itu dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama.
Di sisi lain Kapolres berpesan bagi seluruh warga masyarakat  khususnya pengendara kendaraan bemotor agar lebih meningkatkan tertib berlalulintas dan mematuhi semua rambu-rambu yang ada.
“Bila anda akan bepergian menggunakan kendaraan bermotor agar memperhatikan hal yang membahayakan diri sendiri dan orang lain,” ucap Kapolres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *