Minut Status Tanggap Darurat Bencana, JG-KWL Gelar Rapat Darurat Libatkan FORKOPIMDA

IMG_20240408_184705
BRIDA Minut Berikan Bantuan Bapok Pasca Bencana Di Kec. Wori
April 8, 2024
img_20240409_130545107
Terima Kasih BKPSDM Minut, Desa Paslaten Liksel Pasca Bencana Baru Pertama Kali Dapat Bantuan
April 9, 2024
img_20240409_104603711

Zoom Meeting Minut Tanggap Darurat Bencana

MinutKab. Minahasa Utara (Minut) tepat malam tadi, Senin, 09 April 2024, masuk pada status Tanggap Darurat Bencana Alam pasca 4 Kecamatan (Wori, Likupang Barat, Likupang Selatan, Likupang Timur) mengalami bencana banjir dan tanah longsor pada Minggu, 07 April 2024.

Terkait penanganan bencana ini, sebelumnya Bupati Joune Ganda dan Wakil bupati Kevin W Lotulung telah menginstuksikan kepada seluruh OPD yang ada untuk segera bergerak cepat melakukan penangan bencana dalam bentuk apa saja, telebih dalam mengevakuasi warga yang terjebak diantara banjir dan tanah longsor.

Saat ini Status Minut pasa posisi Tanggap Darurat, maka pada Senin, 08 April 2024 malam, Pemkab Minut (JG-KWL) lakukan rapat darurat dalam bentuk “zoom meeting” bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) yang dipandu oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Minut Theodore Lumingkewas didampingi Kaban Keuangan Carla Sigarlaki, Kadis Kominfo Robby Parengkuan, Kabag Hukum Audy Talumatak.

Dalam gelar rapat darurat tersebut, terdapat berbagai cara dan usulan untuk penanganan bencana alam ini.
Menghadapi kewaspadaan akan infrastruktur baik jembatan maupun jalan penghubung, Bupati Joune Ganda menginstruksikan kepada OPD terkait agar selalu melakukan pendataan dan pengecekan secara rutin dikarenakan ada kepastian rongga tanah pasti sudah bergerak, dan tidak tertutup kemungkinan bila tiba cuaca ekstrim seperti yang sudah terjadi bisa ambruk, sehingga kedepan, ini menjadi usulan perioritas untuk pembuatan baru.

Selain itu untuk saat ini Bupati menginstruksikan kepada OPD terkait agar akses penghubung secepatnya diperbaiki kembali agar setidaknya aktifitas masyarakat dapat berjalan seperti biasa, makanan siap saji untuk warga yang kena dampak agar selalu terpenuhi.

Akan hal ini, Bupati Joune Ganda dan Wakil bupati Kevin W Lotulung bermohon dukungan dari seluruh FORKOPIMDA dan menyampaikan terimakasih, diamana dalam dua hari belakangan ini yang sudah maksimal membatu Pemkab Minut dalam penanggulangan bencana ini. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *