Malonda Sambangi Kantor Baru Sekertariat Bawaslu Minut, Sampaikan Apresiasi Untuk Pemkab Minut

Kapojos Bangga Minut Di Ketambahan Usia Banyak Capaian Yang Diperoleh
November 21, 2022
KPU Minut Gelar Uji Publik Sebelum Tetapkan Penataan Dapil Dan Alokasi Kursi Anggota DPRD
December 9, 2022

Minut – Minggu, 27 November 2022, Komisioner Bawaslu RI (Badan pengawas pemilu Republik lndonesia) Devisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat Dr Herwyn. J.H Malonda, M.Pd., M.H melakukan kunjungan ke kantor baru Sekretariat Bawaslu Kab. Minahasa Utara (Minut) di Kelurahan Sukur Kecamatan Airmadidi, sekaligus menghadiri syukuran penempatan kantor dan memberikan arahan sehubungan kegiatan terkait dengan konsolidasi pengawasan tahapan pemilu tahun 2024.

Dalam conference pres Malonda menuturkan, harapan dirinya, dengan penempatan kantor sekretariat ini, semoga bisa bertahan lama, dikarenakan kita tau bersama kantor Bawaslu Minut sering berpindah-pindah.

Sembari menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk Pemkab Minut, karena sudah ada Sekretariat yang telah dipinjam pakaikan, tinggal bagaimana Bawaslu Minut mempersiapkan dan memperkuat jajaran aparat pengawas pemilu dalam fungsi pengawasan, juga merancang pembiayaan dan model pengawasan yang akan dilakukan, karena ditempat inilah akan menjadi tempat bagi para pencari keadilan untuk mengadukan dan melaporkan apabila ada pelanggaran dalam pemilu nanti.

Terkait kenyamanan aktifitas kerja Bawaslu Minut di kantor yang baru, menurutnya perlu ada renovasi penataan ruang, dan untuk sementara, anggaran untuk sewa tempat bisa diperuntukan untuk dilakukan renovasi ruangan kantor, sehingga dengan adanya kantor Sekretariat Bawaslu ini juga, akan memotivasi kawan-kawan yang ada di Bawaslu Minut sekaligus juga masyarakat yang secara langsung maupun tidak langsung dalam pengawasan pemilu.

Sehubungan dengan penilaian kinerja, mantan ketua Bawaslu Sulut ini menyampaikan, kedepan Bawaslu RI akan membuatkan sistem monitoring, dimana, evaluasi kinerja Bawaslu itu, nantinya secara proses melalui sistem akan menagkap kinerjanya dan hasilnya mengarah pada penilaian terkait dengan tingkat kinerja yang dilakukan oleh kawan-kawan Bawaslu Daerah.

Ketika ditanya soal tantangan dan saat ini dirinya menjadi Komisioner Bawaslu RI, Malonda mengatakan, sangatlah berbeda ketika dirinya menjabat Ketua Bawaslu Sulut. Sebab, ketika dirinya berada di tingkat Nasional, tugas kepemiluan tersebut bukan lagi melaksanakan kebijakan terkait aturan Pemilu, namun lebih kepada merancang.
Terkait tugas-tugas pengawasan pemilu itu dilakukan semua jajaran komisioner, dan diakui memang beda ketika kami berada di tingkat Nasional, karena di tingkat Nasional itu kita merancang model pengawasan. Seluruh kebijakan pengawasan pemilu itu secara dasar atau umum dirancang di kantor Bawaslu RI.

Malonda didampingi 3 Komisioner Bawaslu Minut, diantaranya Simon Awuy, Rocky Ambar dan Aljunaid Bakari serta Koordinator Sekertariat Bawaslu Minut Michael Polii menyampaikan juga dirinya berharap pengalaman di pengawas pemilu termasuk di KPU, menjadi modal dalam rangka merancang tugas- tugas kepemiluan di Bawaslu RI sekarang ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Sulut Ardile Mewoh dan Pimpinan Bawaslu lainnya Jhony Suak dan Karel Najoan. Serta hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud Jekman Wauda. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published.