Lomban Pimpin Rapat Evaluasi Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP dan BPK RI

Ada Sejumlah Guru Di Minut Tak Terima TKD Desember
January 5, 2018
Pastikan Aktifitas Mega Proyek APBN Berjalan Lancar, Lomban Tinjau Perkantoran KEK Dan Proyek Tol Manado-Bitung
January 9, 2018

BITUNG – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban memimpin jalannya Rapat pemutahiran data tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI dan APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor Walikota Bitung, Selasa (9/1).
Dalam sambutannya Lomban menegaskan tentang pentingnya setiap SKPD untuk menindak lanjuti hasil pemeriksaan baik dari BPK RI maupun APIP pada tahun lalu dalam rangka peningkatan kinerja di awal tahun 2018.
Walikota yang dalam kesempatan tersebut turut didampingi oleh Sekretaris Kota, DR. Audy Pangemanan menegaskan bahwa melalui rapat perdana di tahun ini, nanti harus ada target penyelesaian sehingga rapat ini tidak terkesan hanya datang untuk sekedar berkumpul dan mendengar, melainkan akan ada tindak lanjut apa yang harus dilakukan dalam rangka realisasi atas hasil pemeriksaan tersebut.
Adapun untuk target yang harus dicapai lanjut Lomban yaitu di bulan Februari minimal sudah harus mencapai 80 persen sehingga pada awal Maret di tahun 2018 sudah nisa mencapai 100 persen. Hal ini menurut Walikota sangat penting karena capaian tindak lanjut dari setiap Perangkat Daerah yang ada sesuai laporan dari Inspektorat masih sangat minim.
Melalui kesempatan ini juga Walikota mengingatkan pentingnya keberadaan Standar Operasional Prosedur (SOP) di setiap Perangkat Daerah dalam rangka sosialisasi dan informasi bukan hanya kepada masyarakat yang datang melainkan juga untuk mengingatkan setiap individu ASN terkait dengan tupoksinya.
Disamping itu pula Walikota juga menargetkan agar pada enam bulan ke depan semua Persngkat Daerah sudah mempunyai SOP, dan ini dikembangkan bukan hanya melalui baliho melainkan memanfaatkan perangkat elektronik seperti TV LCD untuk menayangkan SOP tersebut.
Lomban berharap kedepan dalam rangka efisiensi waktu, berbagai rapat terkait dengan evaluasi baik PAD, PBB dan EPRA juga dari pihak Inspektorat kota Bitung dapat disatukan serta dijadwalkan di waktu yang tepat.
Rapat ini sendiri dihadiri oleh Inspektorat kota Bitung, para Asiaten, serta pejabat dan ASN di lingkungan pemerintah kota Bitung.(YodieR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *