Kiolol Sebut Pemberian Izin Kepada PT CKM Telah Menyebabkan Kerugian Bagi Masyarakat Sekitar

14 Hari Gelar Operasi Patuh, Polres Bitung Temukan 505 Pelanggaran
May 10, 2018
Bupati VAP Kecam Aksi Bom Bunuh Diri Surabaya
May 14, 2018

Jumat, 11 Mei 2018

Airmadidi – Legislator Ir. Lucky Kiolol mengkritisi pemberian izin oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Minut kepada developer perumahan PT Corsa Karya Mandiri (CKM) di Desa Laikit Kecamatan Dimembe.

Di kantor Dewan Minut, Senin, 07 Mei 2018 lalu Kiolol mengatakan bahwa Yang paling mendapat dampak merugikan adalah masyarakat di dua desa, yaitu Desa Matungkas Jaga I dan jaga II serta Desa Laikit jaga III, IV dan V.

Menurut Kiolol, pemberian izin kepada PT CKM telah menyebabkan kerugian bagi masyarakat sekitar. Dimana akibat pembangunan yang tidak terencana menyebabkan perubahan bentuk dari lokasi yang dibangun karena pembangunan perumahan telah melewati batas hutan cadangan desa.

Kiolol menuturkan, sebelum ada pembangunan perumahan, lokasi-lokasi itu tak pernah terjadi luapan air, namun setelah ada pembangunan perumahan, sejumlah kerugian yang diderita masyarakat telah nampak , antara lain semua air kolam di empat jaga sekarang menjadi keruh sehingga banyak ikan mati. SMP GMIM Malak saat ini selalu terendam kala hujan turun. Kompleks gereja Imanuel dan gereja Elim dan depan puskesdes Laikit kini telah menjadi jalan air.

Untuk itu, Legislator PDI Perjuangan dari dapil Dimembe-Talawaan-Liksel ini pun meminta instansi terkait untuk meninjau kembali izin yang sudah diberikan pada PT CKM. Ditegaskannya, jangan sembarang mengeluarkan izin tanpa ada amdal yang benar, yang akhirnya justru masyarakat yang dirugikan. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *