Gerak Cepat Tindak Lanjuti Inpres No: 2 Tahun 2022, LPSE Minut Gelar Rapat Kerja

Promosi Kue Khas Minut, PUD Klabat Ajak Tim UTU KEKE Minut Mampir Di Pasar Airmadidi
March 31, 2022
PUD Klabat Himbau Sampah Dari Perusahan Yang Beroperasi Di Minut Dikelola Oleh Pihaknya
April 5, 2022

Minut – Gerak cepat menindaklanjuti Instruksi Presiden (inpres) Joko Widodo untuk menggunakan produk dalam negeri pada proses pengadaan barang/jasa, maka Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat daerah (Setda) Kab Minahasa Utara (Minut), mengelar rapat tentang Pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, Dan Koperasi Dalam Rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Lingkup Pemkab Minut, yang dipimpin oleh Bupati Joune Ganda,SE pada Senin, 04 April 2022 bertempat di pendopo kantor bupati.

Dalam rapat tersebut, Bupati menegaskan bahwa seluruh Kepala Perangkat Daerah dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa wajib menggunakan produk dalam negeri dan untuk meningkatkan UKM-Koperasi wajib menggunakan e-katalog lokal yang ada pada etalase LPSE.

Ditegaskannya, saya juga minta kepada seluruh Perangkat Daerah untuk melaporkan data penggunaan produk dalam negeri dan data alokasi anggaran pengadaan barang dan jasa untuk UKM lokal pada setiap paket pekerjaan. Akan saya evaluasi apakah sesuai target di atas 40%.

Dan perlu kita ketahui, sebelum arahan Presiden pada Rakornas di Nusa Dua Bali, yang mana Bupati Joune Ganda  telah menyampaikan niatnya terlebih dahulu untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri ketika bertatap muka dengan Kepala LKPP Azwar Anas di gedung LKPP RI Jakarta pada bulan Februari lalu, sehingga Kabupaten Minahasa Utara menjadi pilot project dan mendapat pendampingan langsung oleh LKPP khususnya dalam meningkatkan UKM- Koprasi melalui e-katalog lokal.

Sementara terkait hal ini, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Lidya Warouw, ST juga menyampaikan bahwa Minut sudah memiliki e-katalog lokal dan mendapatkan pendampingan langsung dari LKPP, dan menurutnya, pencapaian itu semua tentunya membutuhkan dukungan dan komitmen dari Kepala Daerah. “Hal ini telah dibuktikan oleh Bapak Bupati Joune Ganda”. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *