Di Tumaluntung Petani Buah Pala, Orientasi Produksi Buah Pala Bermutu

Siagian Sampaikan Amanat Kapolda Sulut Pada Gelar Pasukan Operasi “Zebra Samrat 2019”
October 24, 2019
Keluhan Gaji THL dan Tunjangan Sertifikasi Akan Segera Terjawab
October 28, 2019

Senin, 28 Oktober 2019

Airmadidi – Pengembangan sektor Pertanian yang khususnya buah Pala di Kecamatan Kauditan Kab. Minahasa Utara (Minut) terus dilakukan oleh masyarakat kelompok Tani yang ada di Kecamatan Kauditan (Minawerot) terlebih kelompok Tani yang ada di desa Tumaluntung.

Jumat, 25 Oktober 2019, di desa Tumaluntung, kepada media ini, ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Kauditan Zony Taroreh menyebutkan bahwa pengembangan pohon Pala di daerah Sulut, yang mana Kab. Minut wilayah Minawerot, menjadi Pilot project (percontohan dalam rangka untuk menunjukan keefektifan suatu pelaksanaan program) pengembangan buah pala.

Lanjut Taroreh, saat ini kami para petani sementara berorientasi/menetukan arah tujuan yaitu produksi pala yang bermutu. Untuk lahan yang dikhususkan untuk pengembangan buah Pala di Minawerot ada sekitar dua-ribuan hektar lahan, sementara di desa Tumaluntung ada sekitar Lima-ratusan hektar lahan.
Dalam pengembangan buah Pala ini, dirinya sangat berterima kasih kepada Pemerintah daerah terlebih kepada Bupati Vonny A Panambunan yang melalui dinas Pertanian Minut, yang sangat konsisten akan pengembangan buah Pala di Minut.(Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published.