Di Minut Imunisasi Measles Dan Rubella Baru 64,37 Persen

Moment Rakornas Camat Regional Satu Tahun 2018, Dinas Perindustrian Minut Pamerkan Produk UKM
August 31, 2018
Tim PORA Minut Tengah Berupaya Mengidentifikasi Pekerja Orang Asing Di Setiap Perusahan
September 5, 2018

Selasa, 04 September 2018

Plt. Kadis Kesehatan Minut dr Rina Widyati MKes

 

Airmadidi – Sajak dicanagkan pada 1 Agustus hingga 1 September 2018 ini, imunisasi vaksin campak (Measles) dan Rubella (campak Jerman) atau MR di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sudah mencapai 64,37 persen.
Capaian ini di ungkapkan oleh Plt Kadis Kesehatan Minut dr Rina Widyati MKes, Senin, 03 September 2018 via telepon kemarin. Diktakannya dimana sampai hari Sabtu, 01 September 2018 capaian imunisasi MR di Minut sudah 64,37 persen.

Lanjutnya untuk tahap pertama yaitu dari 5 tahun sampai 15 tahun sudah dilaksanakan dengan mendatangi sekolah-sekolah pada Agustus lalu. Sedangkan tahap kedua September ini untuk bayi di bawah lima tahun (Balita) di atas sembilan bulan dilaksanakan di semua Puskesmas, dan sekarang petugas sedang melakukan imunisasi di pulau-pulau. Mereka menginap selama tiga hari.

Diharapkannya Minut harus bebas campak dan rubella yang merupakan penyakit yang disebabkan virus, sehingga pihaknyamenghimbau para orang tua untuk membawa anak-anaknya ke posyandu untuk diimunisasi.
Lanjutnya vaksin MR ini diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella.

Penularan kedua penyakit ini biasanya melalui saluran napas, terutama dari kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi melalui batuk atau bersin. Campak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan demam, ruam, batuk, pilek, dan mata merah serta berair. Campak juga kerap menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi telinga, diare, kerusakan otak, dan kematian.

Sementara rubella atau campak Jerman merupakan infeksi virus yang menyebabkan demam, sakit tenggorokan, ruam, sakit kepala, mata merah dan mata gatal. Rubella kerap terjadi pada anak-anak dan remaja.(Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *