Di Minut, 1000 Mesin Perahu Katinting Menggunakan Bahan Bakar Gas Akan Segera Disalurkan

Dalam Waktu Dekat, PUD Klabat Operasikan Pabrik Es Di Desa Kema III
September 28, 2018
Rawung Hadiri Puncak Peringatan HKG PKK KE-46
October 3, 2018

Sabtu, 29 September 2018

Drs. Max Tapada (kanan) Ir. Sadrak Tairas (kiri)

 

Airmadidi – Bantuan untuk para Nelayan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (Kementerian ESDM RI) lewat Pertamina (Persero) berupa konversi/perubahan mesin perahu Katinting yang digunakan oleh nelayan menggunakan bahan bakar minyak akan beralih menggunakan bahan bakar gas. Demikian yang dikatakan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Minut Ir. Sadrak Tairas kepada media ini, Jumat 28 September 2018 kemarin saat bertemu di desa Suwaan Kecmatan Kalawat Minut.

Didampingi Drs. Maximillian Tapada, MSc kepala Dinas Kearsipan Minut, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Minut Ir. Sadrak Tairas mengatakan, yang mana ada 1000 mesin Katinting disertai 2 (dua) tabung gas berisi 3 Kg, yang akan dibagikan kepada warga Minut yang berprofesi sebagai Nelayan yang tersebar di 4 (empat) Kecamatan yang ada di Minut dengan persyaratan nelayan tersebut memiliki mesin perahu Katinting.

Dijelaskannya, penukaran penggunaan mesin perahu katinting dari yang lama dengan yang baru + dua tabung lpg 3 Kg, dimana mesin Katinting yang lama yang menggunakan bahan bakar minyak itu akan tetap menjadi milik nelayan dan itu terserah dari nelayan, apa akan digunakan lagi atau tidak, akan tetapi bila bahan bakar minyak sulit didapati jangan dikeluhkan lagi karena sudah beralih ke gas.

Diungkapkannya pula, pemberian bantuan agar tidak salah sasaran, pihaknya telah turun lapangan untuk mendata banyaknya jumlah Nelayan yang ada di empat Kecamatan yang memiliki mesin Katinting sehingga telah diberikan kartu Nelayan, dan rencana penyaluran akan dilakukan pada tanggal 04 Oktober 2018 nanti. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *