Dalam Tahapan Pemutakhiran Data Pemilu 2019, Panwaslu Minut Gelar Sosialisasi Pengawasan

Jelang Hari Besar Umat Muslim, Pemkab Minut Dan Pihak PT. Pertamina Bahas Penyaluran LPG 3 Kg Bersubsidi
May 16, 2018
Mayuntu Tepis Isu Tim Pemeriksa Inspektorat Terima Suap
May 17, 2018

Rabu, 16 Mei 2018.

Airmadidi – Mengoptimalkan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) terkait data pemilh, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Minut gelar Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif¬† dalam tahapan pemutakhiran data pemilih pada Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019″ Rabu, 16 Mei 2018 di hotel Sutanraja Kalawat Minut yang akan berjalan selama dua hari.

Awal pada kegiatan ini, dimana laporan singkat sosialisasi tersebut disampaikan oleh Michael S A Polii selaku kepala sekertariat Panwaslu Minut.

Pada kesempatan itu Muhamad Yamin Makahenggeng selaku Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Minut menyampaikan bahwa Panwaslu terus eksis melakukan pengawasan baik ditingkatan atas sampai tingkatan bawah. Lanjut Yamin terkait data pemilih ternyata masih banyak masyarakat yang berhak memilih belum memiliki KTP elektronik (e-KTP), namun dinamika ini telah menjadi dinamika Nasional.

Dikarenakan Pemilu tidak lama lagi digelar, Panwaslu Minut sangat mengharapkan peran dari segenap peserta yang hadir untuk dapat mensosialisasikan terkait e-KTP bagi mereka yang belum memiliki e-KTP.

Sementara itu, Joyke Sigar selaku Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Panwaslu Minut menyampaikan bahwa tugas pengawasan terkait Pemilu adalah tugas kita bersama sebagai warga Indonesia, namun secara kelembagaan yang formil untuk Minut ada di pihak Panwaslu.

Walaupun demikian, pihak Panwaslu mengajak dan mengupayakan partisipasi masyarakat untuk mengawal setiap tahapan Pemilu agar dapat menciptakan Pemilu yang lebih berkualitas serta memiliki legitimasi hukum yang ada.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh ketua Panwaslu Minut Simon. H. Awuy, SH yang dihadiri oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Minut Drs. Julius Randang, MSi dan para pimpinan lintas Partai politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda da undangan lainnya dengan menghadirkan nara sumber DR. Jhony Suak, SE, M.Si, Kenly poluan, S.Pd, M.Si, Mustarin Humagi, S. Hi dan Herwyn Malonda, SH, M.Pd. (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *