Pemkab Minut Berupaya Redam Lonjakan Harga Jual Rica (Cabe Rawit)

Dibuka Walikota, Pramuka Kwarcab Bitung Gelar Lomba Kemah
October 23, 2018
Guru THL Mengadu, Bupati Temukan Kejanggalan Yang Diberlakukan Oleh Kepsek
October 26, 2018

Rabu, 24 Oktober 2018

Asisten II Setdakab Minut Allan Mingkid

 

Airmadidi – Antisipasi kelonjakan harga pangan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Pemerintah kabupaten (Pemkab) Minut lakukan pengecekan harga pangan di pasar – pasar tradisional di Minut. Demikian yang dikatakan oleh Asisten II Setdakab Minut Drs. Allan Mingkid, Selasa 23 Oktober 2018, di halaman parkiran kantor bupati usai mengikuti apel sore.

Mingkid mengatakan bahwa di akhir Oktober 2018 ini ada kelonjakan harga yakni rica (cabe rawit) dan daging hewan yang dibandingkan pada tiga minggu yang lalu dimana harga cabe Rp. 25.000,- perkilo gram kini naik menjadi Rp. 40.000,- perkilo gram, sementara untuk daging hewan khususnya daging sapi dari Rp. 100.000,- perkilo gram naik menjadi 110.000,- perkilo gram.

Diungkapkannya, kelonjakan harga pada cabe rawit selain faktor cuaca ternyata setelah dicek ditingkat Petani, sebagian besar Petani menjual hasil panen mereka ke daerah lain, sehingga pasokan di Minut sendiri dapat dikatakan berkurang dan mengakibatkan harga naik, namun menurutnya ini merupakan hukum ekonomi pasar yang berlaku. Lanjut Mingkid, Pemkab akan mengantisipasi harga cabe jangan sampai melonjak sampai pada harga Rp. 60.000,- perkilo gram dikarenakan itu sudah masuk pada inflasi dalam arti harga akan naik secara berkelanjutan, dan Pemkab Minut akan berupaya untuk meredam akan hal tersebut. Sementara untuk daging sapi, kenaikan tersebut belum terlalu berpengaruh bagi masyarakat di Minut dikarenakan belum lama ini warga Minut khususnya umat Muslim barusan merayakan Hari Raya Kurban.

Untuk sembako lanjut Mantan Kadis Pertambangan Minut ini mengatakan, pengecekan baru dilakukan dimana harga sembako pada posisi saat ini, harga masih stabil.(Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *