Ganti 3 Kasubag, DKPP Sidang KPU Bitung

Terpanggil Bangun Kota Bitung, MMT Siap Maju Bersama Generasi Milenial
April 8, 2019
Soal Penggantian 3 Kasubag Di KPU Bitung; Mantan Sekretaris KPU Akui Inprosedural
April 10, 2019

BITUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung diduga dengan alasan yang mengada-ada telah mengganti 3 orang Kepala Sub Bagian yang ada di kantor tersebut dan selanjutnya dikembalikan ke pemkot Bitung terhitung sejak tanggal 24 Januari yang lalu.
Berdasarkan data yang didapat warrawan, ketiga orang tersebut adalah Kasubag Teknis, Kasubag Data serta Kasubag Keuangan Umum dan Logistik yang ketiganya memiliki masa tugas di KPU Bitung lebih dari 10 tahun.
Terkait hal ini, ketiga pegawai tersebut mengadukan nasib mereka ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dengan nomor pengaduan 050-P/L-DKPP/III/2019 tanggal 8 Maret dengan registrasi perkara nomor 54-PKE-DKPP/III/2019 atas surat permohonan penarikan pegawai kepada Walikota Bitung nomor 01-KPU-Btg/X/2019 tertanggal 23 Oktober.
Berdasarkan surat inilah, tanggal 4 Maret yang lalu pihak DKPP telah menyidangkan kasus tersebut di Kantor Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sulawesi Utara di jalan Winangun 2 Kecamatan Malalayang, Kota Manado.
Terpisah, salah satu Kasubag yang dikembalikan ke pemkot Bitung saat dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui persoalan apa sehingga mereka dipindahkan dari KPU.
“Kami tidak mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab sehingga kami dipecat dari KPU, karena selama ini kami tidak melakukan pelanggaran apapun, malahan tahun 2018, bersama tim, kami bisa mendapatkan penghargaan KPU untuk kategori pengelolaan keuangan, umum, logistik dan rumah tangga,” ungkap salah satu Kasubag yang diganti sambil meminta untuk tidak mempublikasikan namanya.
Lebih dari itu diakuinya pula bahwa ada juga prestasi tepat waktu dalam penyusunan DPT dan berita acara sesuai dengan sistim informasi data pemilih.
Disisi lain, Ketua KPU Bitung, Desly Sumampouw ketika dikonfirmasi mengatakan menyerahkan semuanya ke DKPP.
“KPU Bitung menyerahkan prosesnya ke DKPP,” terangnya.(YodieR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *