Ditandai Pemukulan Tetengkoren, O2SN Dan FLS2N Tingkat Kota Bitung Resmi Dibuka

Pendukung DMR “Jang ngoni goyang pa Boskid” Hidupkan Suasana Kampanye Akbar Partai NasDem
March 28, 2019
Peggy J.C. Rumambi Yakin Restorasi Pembangunan Dan Kesejahtraan Dapat Terlaksana Melalui Partai NasDem
March 28, 2019

BITUNG – Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2019 tingkat kota Bitung yang mengusung tema “Membangun Karakter Unggul Melalui Kegiatan Olahraga Pendidikan” secara resmi telah dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Kota Bitung, Yoke Senduk mewakili Walikota.
Kegiatan yang digelar di lapangan upacara kantor Walikota Bitung Kamis (28/3/2019) diikuti oleh siswa perwakilan seluruh sekolah dari tingkat SD sampai SMP se-kota Bitung dan akan berlangsung selama 2 hari hingga Kamis (29/3/2019.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung, Julius Ondang dalam laporannya mengatakan kegiatan ini adalah salah satu upaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mewujudkan program Nawacita Presiden Republik Indonesia yaitu meningkatkan kwalitas hidup manusia Indonesia serta melakukan revolusi karakter bangsa dengan mengimplementasikan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bidang Olahraga dan Kesenian mulai dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional.
“Kegiatan ini dimaksudkan agar para peserta didik mampu memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah pikiran, olah rasa dan olahraga sehingga akan terbentuk karakter religius, jujur, disiplin, toleran, bekerja keras, kreatif, menghargai prestasi, komunikatif, peduli lingkungan, dan bertanggungjawab, serta selain itu melalui kegiatan ini pula peserta didik memiliki minat dan bakat terhadap kesehatan jasmani, prestasi olahraga, kreatifitas, jati diri, dan kebanggaan akan seni budaya Indonesia,” jelasnya.
Ondang juga mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa berbakat dan berminat untuk berprestasi pada bidang olahraga dan seni budaya, kemudian mengembangkan sikap kompetitif, kerjasama, sportifitas dan tanggung jawab dalam diri siswa secara sehat, membina dan meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam upaya peregenerasian pecinta seni dan budaya yang berakar pada budaya bangsa, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan antar siswa di Indonesia.
Sementara itu Joke Senduk dalam sambutannya mewakili pemerintah kota Bitung mengatakan bahwa selama ini banyak prestasi yang telah diukir oleh kota Bitung termasuk di bidang olahraga, dan dengan adanya kegiatan O2SN serta FLS2N menjadi indikator para siswa akan bisa mengikuti jejak para senior yang telah mengukir prestasi.
“Banyak prestasi yang telah diukir oleh kota Bitung termasuk di bidang olahraga, dan dengan adanya kegiatan ini menjadi indikasi para peserta berpotensi bisa berprestasi di masa yang akan datang,” ungkap Senduk.
Lebih jauh Asisten III meminta kepada guru pendamping untuk memaksimalkan perhatian kepada peserta agar mereka dapat mengikuti lomba dengan baik, dan bagi peserta untuk bisa menjaga kesehatan.
“Bagi peserta saya minta untuk tetap menjaga kesehatan karena ini adalah kunci utama untuk berprestasi,” pungkasnya.
Seusai memberikan sambutan, Senduk kemudian memukul Tetengkoren dan menyulut Obor sebagai pertanda lomba O2SN dan FLS2N secara resmi dibuka pelaksanaannya.
Adapun untuk lomba-lomba yang diikutsertakan dalam kegiatan ini serta lokasinya adalah sebagai berikut:
O2SN
Tingkat SD
1. Kids Atletik di lapangan kantor Walikota
2. Renang di kolam renang Girian
3. Karate dan Pencak Silat dilaksanakan di lapangan tenis Indoor kompleks kantor Walikota.
Tingkat SMP
1. Atletik lari di stadion Dua Sudara
2. Atletik lompat dan lempar dilaksanakan di SMP Katolik Don Bosco
3. Renang di Kolam Renang Girian
4. Karate dan Pencak Silat di lapangan tenis Indoor kompleks kantor Walikota Bitung.
FLS2N
Tingkat SD
1. Menyanyi tunggal di Tribun Kantor Walikota Bitung
2. Seni Tari dan Pantomim di lapangan Bulu tangkis kantor Walikota Bitung, Kriya Anyam di Tribun kantor Walikota
3. Gambar Bercerita di SMP Katolik Don Bosco.
Tingkat SMP
1. Lomba Solo, Gitar Duet dan Musik Tradisional di Tribun kantor Walikota Bitung
2. Seni Tari di lapangan Bulu Tangkis komplek kantor Walikota Bitung
3. Disain Poster di SMPN 2 Bitung.(YodieR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *