92 Hukum Tua Di Minut, Gali Ilmu Di Desa Adat Kutuh Provinsi Bali

Dihadiri Hukum Tua Se-Minut, Pemkab Gelar Bimtek Penyusunan Profil Desa Berbasis Web
July 30, 2019
Najoan : Bimtek Untuk Memajukan Desa, Salah Satu Rekomendasi Dari BPK – P Sulut
August 2, 2019

Kamis, 01 Agustus 2019

Airmadidi (Bali) – Menambah wawasan dan pengetahun untuk kemajuan desa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) lewat Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD), memboyong 97 desa lewat Hukum Tua berguru di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu, 31 Juli 2019, yang diterima langsung Kepala Adat Bendese DR Drs I Made Wena MSi, didampigi Kepala Desa (Perbeke) I Wayam Purja SE.

Made Wena dalam pemaparannya menyampaikan, untuk menjadikan desa maju, harus cinta desa, untuk itu wajib merubah pola pikir untuk lebih mencintai desa. Menyamakan persepsi semua masyarakat dan memanfaakan semua lahan dan potensi yang ada di desa. Serta harus mendorong masyarakat untuk sadar wisata. Disampaikannya pula, membangun sinergitas setiap komponen yang ada di desa untuk melaksanaan pemberdayaan.

Pada pertemuan itu, Made Wena membeberkan yang mana Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Kutuh mencapai Rp 40 miliar pertahun.
Selain itu, Desa Kutuh juga memiliki Bhaga Utsaha Manunggal Desa Adat (BUMDA) Unit Pengelola Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang saat ini memiliki dana Rp 128 miliar. Diungkapkannya pula, awaalnya modal BUMDA ini hanya Rp 13 juta, saat ini sudah berkembang menjadi Rp 128 miliar.

Sementara itu, Kepala Dinsos PMD Minut Bobby Najoan SH MH mengatakan, pihaknya bersama Pemdes datang studi banding di Desa Kutuh untuk bisa mengadopsi apa yang ada disini demi kemajuan desa se-Minut, sehingga diharapkannya pula, bekal ilmu yang telah didapati oleh para Hukum Tua dari studi banding ini dapat diterapkan di desa, (Uki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *